Asuransi mikro merupakan produk asuransi yang diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang sederhana fitur dan proses administrasinya, mudah didapat, ekonomis harganya serta segera dalam penyelesaian pemberian santunannya. Asuransi mikro dapat disediakan oleh perusahaan asuransi berbadan hukum Indonesia yang telah memperoleh izin usaha dari OJK. Beberapa perusahaan asuransi pun dapat melakukan kerjasama untuk menyediakan produk asuransi bersama.

foto search

Perbedaan Asuransi Mikro dengan Non Mikro

Di dalam prakteknya terdapat beberapa perbedaan mendasar antara produk asuransi Mikro dengan asuransi non mikro antara lain :

Polis
Polis asuransi mikro berbentuk voucher atau sertifikat yang jumlahnya tidak lebih dari 2 lembar. Sedangkan asuransi non mikro pada umumnya terdiri dari beberapa lembar bahkan sampai ada yang berbentuk buku.

Santunan
Santunan asuransi mikro dikemas secara sederhana dan tidak rumit untuk diproses. Sementara santunan dalam asuransi non mikro didasarkan pada polis yang memiliki ketentuan dan syarat yang sangat luas.

Hal Pengecualian
Asuransi mikro hanya memiliki sedikit pengecualian. Sedangkan asuransi non mikro memiliki banyak pengecualian.

Jumlah Premi dan Nilai Pertanggungan
Asuransi mikro menetapkan nilai premi dan jumlah pertanggungan yang sama bagi setiap Tertanggung. Sedangkan asuransi non mikro menetapkan hal ini sesuai dengan kemampuan dan pilihan yang dibuat oleh Tertanggung.

Jangka Waktu
Asuransi mikro pada umumnya memiliki jangka waktu masa berlaku kurang dari 1 tahun. Asuransi non mikro dapat memiliki jangka waktu kurang atau lebih dari 1 tahun.

Pemeriksaan KesehatanAsuransi mikro tidak mewajibkan prosedur cek kesehatan. Sementara asuransi non mikro mewajibkan cek kesehatan bagi peserta asuransi kesehatan.

Distribusi
Asuransi Mikro dapat dibeli langsung, melalui swalayan, kios-kios, kantor kepala. Sedangkan asuransi non mikro dapat diperoleh di kantor cabang asuransi atau melalui agen atau broker.

Klaim
Santunan asuransi mikro bisa diterima kurang dari 10 hari setelah dokumen diterima secara lengkap dan benar. Santunan asuransi non mikro baru bisa diterima dalam 30 hari setelah dokumen lengkap dan langsung di kantor cabang asuransi.

Share ya... semoga informasi ini bermanfaat untuk anda..

Baca juga
Asuransi mobil terbaik
Asuransi motor terbaik

loading...

Ikuti Update Kami