Kartu kredit merupakan sebuah alat pembayaran pengganti uang tunai dalam bentuk kartu yang diterbitkan oleh bank untuk memudahkan para nasabahnya bertransaksi. Berbeda dengan kartu debit, dalam kartu kredit bank seperti meminjamkan konsumen uang dan bukan mengambil uang dari rekening.Tujuan bank di Indonesia menciptakan kartu kredit untuk memudahkan konsumen dan cara kerjanya di atur oleh Bank Indonesia. Sekarang ini banyak sekali macam perusahaan jasa keuangan penerbit kartu kredit di duna salah satunya Indonesia, yang diatara termasuk MasterCard, Visa dan American Express.

Kerugian ketika memiliki kartu kredit adalah (a) Mendorong gaya hidup boros dan konsumtif jika tidak digunakan secara bijak. Kegiatan ini akan membuat tagihan Kartu Kredit membengkak.
(b) Setiap tagihan yang tidak dibayarkan secara penuh akan dikenakan bunga yang relatif tinggi. Jika bunga tidak dibayarkan terus-menerus, tagihan Kartu Kredit tidak akan pernah lunas. (c) Jika pemilik kartu tidak disiplin membayarkan tagihan tepat waktu akan dibebankan dengan denda keterlambantan yang relatif besar.




foto search

Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit

Cara Pembayarannya
Hal ini terletak pada pembayarannya yang mana kartu debit memiliki keterbatasan pada saldo tabungan sedangkan kartu kredit sesuai dengan namanya yang bersifat kredit atau hutang di mana pembayarannya tidak berhubungan dengan saldo tabungan namun bergantung pada limit.

Proses Pengajuan Kartu
Kartu debit relatif mudah untuk didapat hanya dengan membuka rekening tabungan saja, berbeda dengan kartu kredit yang cukup tidak mudah karena banyak aspek yang harus dipertimbangkan untuk menghindari kerugian pihak bank dari beberapa nasabah yang tak membayar tagihan.

Tingkat Keamanan
Dibandingkan dengan kartu debit, kartu kredit memiliki tingkat keamnan yang lebih tinggi. Karena apabila sewaktu-waktu kita kehilangan kartu debit kemudian orang tersebut mengetahui nomor PIN dari kartu tersebut maka dengan cepat mereka dapat mengambil uang tabungan.


Daftar Bank Penerbit Kartu Kredit di Indonesia


Berikut merupakan bebepara daftar bank yang menerbitkan kartu kredit di Indonesia :


  1. Kartu Kredit HSBC
  2. Kartu Kredit Citibank
  3. Kartu Kredit Bank Mega
  4. Kartu Kredit BCA
  5. Kartu Kredit BNI
  6. Kartu Kredit CIMB Niaga
  7. Kartu Kredit Bank Permata
  8. Kartu Kredit Bank Mandiri
  9. Kartu Kredit Standard Chartered
  10. Kartu Kredit ANZ
  11. Kartu Kredit Maybank
  12. Kartu Kredit UOB Indonesia
  13. Kartu Kredit Bank Panin
  14. Kartu Kredit BTN
  15. Kartu Kredit OCBC NISP
  16. Kartu Kredit Bank Sinarmas
  17. Kartu Kredit Bank Bukopin
  18. Kartu Kredit Bank BJB
  19. Kartu Kredit BNI Syariah
  20. Kartu Kredit BRI
  21. Kartu Kredit Bank Danamon
  22. Kartu Kredit Bank BNP
  23. Kartu Kredit AEON


Besar Suku bunga Kartu Kredit

Tingkat suku bunga antar Kartu Kredit sangatlah bervariasi, mulai dari sekitar 33% sampai 36% pertahun atau sekitar 2,75% sampai 3% perbulan. Semakin cepat melunasi tagihan tersebut maka akan semakin sedikit bunga yang akan dibayarkan setiap bulannya.


Provider Kartu Kredit di Indonesia

Pada umumnya, di setiap kartu kredit tertera sebuah logo yang merupakan provider dari kartu tersebut. Provider kartu kredit ini memungkinkan Bank untuk menerbitkan produk kartu kreditnya hingga bisa digunakan di merchant-merchant di dalam maupun luar negeri yang telah bekerjasama dengan provider tersebut.

MasterCard
MasterCard juga merupakan salah satu provider kartu kredit terbesar di dunia yang didirikan sejak tahun 1966 oleh MasterCard Worldwide dan berpusat di Purchase, New York, Amerika Serikat. Meskipun area jangkauannya di seluruh dunia, namun provider ini paling banyak digunakan di Amerika dan Eropa.

American Express (Amex)
Bank American Express merilis kartu kreditnya dengan provider milik mereka sendiri dengan nama yang sama. Perusahaan multinasional di bidang jasa keuangan ini didirikan pada tahun 1850 dan berpusat di New York City, New York, Amerika Serikat. Meskipun pernah berjaya, namun sekarang provider ini kurang begitu populer di Indonesia.

Visa
Kependekan dari Visa International Service Association, VISA merupakan salah satu provider kartu kredit terbesar di dunia. Perusahaan ini didirikan sejak 1958 oleh Visa International yang berpusat di Amerika Serikat tepatnya di Foster City, California. Visa lebih banyak digunakan oleh negara-negara di kawasan Asia termasuk Indonesia.

JCB
JCB merupakan singkatan dari Japan Credit Bureau. Provider kartu kredit ini berpusat di Tokyo, Jepang dan sudah berdiri sejak tahun 1961. Hingga kini, JCB telah menerbitkan kartu kredit sebanyak 83 juta kartu di 16 negara termasuk Indonesia.


Syarat Pengajuan Kartu Kredit

Pilihlah kartu kredit yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Secara umum setiap bank penerbit Kartu Kredit memiliki persyaratan sebagai berikut :

  • Formulir pengajuan Kartu Kredit
  • Fotokopi KTP
  • Minimal berumur 21 tahun dan berpenghasilan minimal Rp3.000.000 per bulan
  • Tagihan Kartu Kredit 3 bulan terakhir (bagi yang sudah memiliki)
  • Fotokopi Slip Gaji dilegalisir atau Surat Keterangan Penghasilan
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi Buku Tabungan 3 bulan terakhir

Biaya Berkaitan Kartu Kredit

Biaya Bunga
Penerbit Kartu Kredit hanya akan mengenakan bunga apabila pemilik tidak membayar tagihan secara penuh

Biaya Administrasi Tahunan
Biaya ini dikenakan oleh pihak penerbit sebagai biaya atas jasa pemrosesan transaksi yang diberikan pihak penerbit

Biaya Tarik Tunai
Pemilik dapat menarik uang tunai di ATM dengan Kartu Kredit, namun akan dikenakan biaya sebesar 3-6% dari jumlah uang yang ditarik

Biaya Keterlambatan
Setiap bulan tagihan, pemilik wajib untuk membayar jumlah minimum sebesar 10% tagihan pada waktu yang telah ditentukan. Apabila tagihan tidak dibayarkan maka bank akan mengenakan biaya keterlambatan pembbayaran

Biaya Materai
Pemilik akan dikenakan biaya materai sebesar Rp3.000 untuk transaksi dengan nilai Rp250.000 – Rp1.000.000, dan di atas Rp1.000.000 akan dikenakan biaya materai Rp6.000

Biaya Cek Tagihan
Penerbit akan mengenakan biaya untuk mencetak tagihan, namun pemilik dapat meminta penyedia Kartu Kredit untuk mengirimkannya melalui email secara gratis


Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.., share ya...


Baca juga 
loading...

Ikuti Update Kami