Peranan akuntansi yang paling sederhana dalam bisnis yaitu akuntansi memberikan informasi untuk digunakan oleh manajer dalam menjalankan porsi perusahaan. Akuntansi juga memberikan informasi untuk pihak-pihak lain yang berkepentingan dalam menilai kinerja dan kondisi ekonomi perusahaan.


Akuntansi adalah suatu sistem ingotmasi yang menyediakan laporan untuk para pemangku kepentingan mengenai aktivitas dan kondisi ekonomi perusahaan.  Secara umum, akuntansi (accountung) dapat diartikan sebagai sistem informasi yang menyediakan laopran untuk para pemangku kepentungan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.
Seperti telah disepakati sebeeumnya, kita akan menitikberatkan pembahasan pada akuntansi dan peranannnya dalam bisnis.

Namun konsep ini bisa diterapkan pada individu, pemerintah, dan jenis oraganisasi lainnya.
Bisa dibilang bahwa akuntansi adalah dalam baha inggris (language of busines) karena melalui kauntansi infotmasi bisnis dikomunikasikan kepada para pemangku kepentingan.


Baca juga : Pengertian Pasar Uang dan Pasar Modal


Peranan Akuntansi Dalam Bisnis

Akuntansi menyediakan informasi bagi para pemaku kepentungan dalam perusahaan melalui proses sebagai berikut:

1. Mengidentifikasi pemangku kepentingan.
2. Menilai kebutuhan pemangku kepentingan.
3. Merancang sistem informasi akuntansi untuk memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan.
4. Mencatat data ekonomi mengenai aktivitas dan peristiwa perusahaan.
5. Menyiapkan laporan akuntansi bagi par pemangku kepentingan.

Para pemangku kepentingan menggunakan laporan kauntansi sebagai sumber informasi utama, meskipun bukan satu-satunya, untuk membuat keputusan. Mereka juga menggunakan informasi yang lain.
Peranan, Fungsi, Kegunaan dan Manfaat Akuntansi Dalam Bisnis 
konsep akuntansi dalam memberikan informasi pada pengguna

Sebagai contohnya dalam memutuskan untuk memberikan fasilitas kredit ke sebuah toko ritel setempa, bank tidak hanya menggunakan laporan akuntansi toko tersebut, tetapi juga mendatangi toko dan bertanya pada lingkungan sekitarnya mengenai reputasi pemilik toko.

Ada sebuah contoh, laporan akuntansi yang merangkum profitabilitas produk baru akan membantu manajemen the Coca-Cola Company untuk memutuskan apakah produk tersebut akan terus dijual.
Demikian pula analisis pasar modal menggunakan laporan akuntansi untuk memutuskan apakah mereka perlu merekomendasikan untuk memberli sahan Coca-Cola.

Bank menggunakan laporan akuntansi untuk memutuskan pemberian fasilitas kredit guna membeli peraltan dan bahan baku bagi Coca-Cola.

Pemerintah kantor pajak menggunakan laporan akuntansi sebagai dasar untuk menetapkan pajak bagi Coca-Cola.

-------------------------------------------------------------------

Share ya... semoga bermanfaat

loading...

Ikuti Update Kami