Investasi dalam bentuk Real Eastate merupakan salah satu hal yang paling masuk akal yang dapat anda lakukan dengan uang anda. meskipun pilihan lain berkisar mulai dari investasi emas samapi ke real estate, namun yang banyak disukai yaitu berinvestasi ke real eastate karena anda bebas untuk menjualnya ketika dibutuhkan, atau semau anda.

Indonesia adalah salah satu tempat seperti itu, dan ini adalah mengapa ada permintaan yang besar. Meskipun investasi real estate memiliki kelebihan, itu bisa dengan mudah menjadi bumerang jika tidak dilakukan dengan cara yang benar. ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dari aspek hukum memiliki tanah di indonesia untuk memperkirakan nilai penjualanya kembali. 



Baca juga : Peluang Usaha Pertanian Modern yang Menjanjikan


Faktor Pertimbangan Saat Berinvestasi Real Easted

Hal yang paling benar untuk dilakukan sebelum membeli properti apapun adalah melakukan banyak penelitian dan menyimpan poin-poin ini dalam fikiran. 


  • RENCANAKAN INVESTASI ANDA DENGAN MENYIMPAN ASPEK HUKUM DALAM PIKIRAN
    Indonesia adalah negara yang memiliki dua aturan dalam hal investasi real estat di mana saja di negara ini. Dua aturan tersebut adalah ‘Hak Guna Bangunan’ dan ‘Hak untuk memanfaatkan’ yang masing-masing berlaku selama 25 dan 30 tahun. Jika Anda mempertimbangkan investasi dalam bentuk rumah atau properti perumahan, maka aturan “Hak untuk membangun” yang digunakan.

    Jika Anda bukanlah warga lokal, maka Anda hanya bisa membeli properti dengan status Strata title. Di sini Anda dapat membeli properti hanya melalui perjanjian sewa convertible atau pengaturan nominee sebagaimana tercantum pada situs Indonesia Expat.

  • PASTIKAN PROPERTI TIDAK MEMILIKI MASALAH HUKUM
    Sama seperti negara lain, jika Anda membeli rumah dari pemilik sebelumnya, maka Anda membeli semua aspek properti itu. Jadi sangat bijaksana untuk memastikan bahwa apa yang Anda beli tidak memiliki kasus yang belum terselesaikan atau kewajiban lainnya. Meskipun Anda dapat menyelesaikan masalah di pengadilan Indonesia jika terjadi perselisihan, lebih baik bermain aman dan memastikan bahwa apa yang Anda beli memiliki catatan yang bersih.

    Bahkan jika Anda membeli properti di bawah pengaturan nominee atau perjanjian sewa convertible, penderma utama adalah Anda dan perselisihan sipil selalu memakan waktu yang lama untuk diselesaikan. Hal terbaik untuk dilakukan adalah membeli sebuah proyek baru, seperti flat atau villa, dari pembangun terkenal. Atau, membeli properti dari seseorang yang Anda kenal secara pribadi.

  • PERIKSA PROPERTI SEBELUM MEMBELI
    Meskipun ada banyak agen yang dapat dipercaya dalam bisnis real estate di Indonesia, seseorang tidak pernah bisa terlalu berhati-hati. Ini adalah alasan terbaik untuk selalu memeriksa real estate sendiri, bahkan jika itu hanya sepotong tanah atau flat atau villa. Sementara meskipun percaloan dan persetujuan online mungkin tampak sangat mudah dan nyaman, tidak ada pemberitaan apa yang dapat disembunyikan oleh agen Anda untuk menyelesaikan penjualan.

    Hal terbaik untuk dilakukan adalah menyewa agen untuk melakukan perburuan awal. Setelah sejumlah properti telah terpilih, Anda dapat mengunjungi mereka sendiri dan melihat apakah mereka pantas untuk ditandai. Jika Anda melihat properti tersebut memiliki harga yang wajar dan tidak ada kerusakan yang dapat diperbaiki, maka akan menjadi pilihan yang bijaksana untuk membeli properti.

  • SELALU MEMBELI REAL ESTATE DI BAGIAN KOTA YANG SEDANG DIKEMBANGKAN
    Meskipun membeli properti yang tidak ada di peta bisa sangat menantang bagi beberapa orang karena rendahnya harga dimana Anda mampu membelinya, hal terbaik untuk dilakukan adalah menjauhnya. Ada beberapa sekte tanah yang tidak pernah bisa dikembangkan karena berbagai faktor. Mungkin rentan terhadap bencana alam atau itu sebuah lahan pertanian atau bahkan lahan yang memiliki kewajiban hukum. Meskipun tanah bisa dibeli dengan sangat cepat di harga rendah, Anda harus mengetahui bahwa properti ini sulit terjual.

    Indonesia Real Estate Law menunjukkan skenario kasus terburuk adalah jika tanah memiliki beberapa kewajiban hukum maka Anda tidak hanya harus membayar untuk menyelesaikan perselisihan, tetapi juga tidak bisa menjualnya kembali.

  • PASTIKAN PROPERTI YANG COCOK DENGAN KEBUTUHAN ANDA
    Meskipun membeli properti bisa jadi sebuah investasi, selalu dianjurkan untuk memastikan bahwa Anda membeli sesuatu yang sesuai impian Anda. Dengan cara ini, saat Anda memegang properti dalam beberapa tahun ke depan, Anda dapat mempertimbangkan menggunakannya sebagai tempat liburan atau bahkan menyewakannya kepada orang yang bersedia membayar untuk hal itu..


--------------------------------------------------------------------------------

Share ya... semoga menambah wawasan anda dan yang lainnya.
loading...

Ikuti Update Kami