MANAJEMEN KEUANGAN SAHAM - Berbicara soal keuangan tentu tidak akan pernah lepas dari kehidupan manusia sehari-hari, karena manusia adalah sebagai makhluk ekonomi yang setiap harinya banyak kebutuhan yang perlu dipenuhi baik dalam skala kecil ataupun skala besar, dalam skala kecil misalnya keuangan dalam keluarga dimana setiap kepala keluarga harus bisa memanage keuangan agar tidak terjadi yang namanya besar pasak daripada tiang. Contoh keuangan dalam skala besar seperti pada perusahaan, supaya manajemen keuangan bekerja secara efisien, perusahaan paling tidak harus memiliki sasaran atau tujuan utama yang jelas.
Pengertian Manajemen Keuangan adalah semua aktivitas entitas bisnis (organisasi) dalam kerangka penggunaan serta pengalokasian dana entitas bisnis (perusahaan) dengan efisien.
Pengertian manajemen keuangan menurut beberapa ahli antara lain:
  1. James Van Horne, menyatakan manajemen keuangan adalah semua kegiatan atau aktivitas yang berhubungan langsung dengan perolehan, pendanan serta pengelolaan aset (aktiva) dengan tujuan yang menyeluruh.
  2. Suad Husnan, berpendapat bahwa manajemen keuangan adalah manajemen terhahap semua fungsi keuangan.
Berdasarkan definisi diatas dapat disimpulkan bahwa Manajemen Keuangan adalah proses aktivitas keuangan mulai dari cara memperoleh dana dan untuk penggunaannya, dimana dalam penggunaan dana tersebut harus efisuien, sesuai dengan yang dibutuhkan atau tepat sasaran agar segala keinginan dan tujuan keuangan bisa terwujud sesuai dengan rencana yang telah dirumuskan.

SAHAM - Saham menurut Bahasa Indonesia mempunyai arti serta atau sero, secara definitif, saham adalah surat bukti bagi persero dalam perseroan terbatas. Saham merupakan hak kepemilikan terhadap sejumlah tertentu kekayaan suatu perseroan terbatas (PT). setiap lembar saham memiliki nilai tertentu yang sama dan besarnya hak kepemilikan seseorang atas harta perusahaan ditentukan oleh jumlah lembar saham yang dimiliki.
Saham menggambarkan sebagian dari modal pokok sebuah perusahaan. Pemilik saham dipandang sebagai pemilik sebagian asset dari perusahaan sesuai dengan kadar saham yang dia miliki.
Sebagai kesimpulan, Manajemen Keuangan Saham dimaksudkan agar saham yang ditanam pada perusahaan dapat terkontrol dan sesuai dengan perencanaan keuangan.
loading...

Ikuti Update Kami