Sistem Ekonomi Australia - Australia yang merupakan negara tetangga Indonesia merupakan salah satu negara maju dan memiliki perekonomian maju pula serta diimbangi dengan sumber daya yang berkualitas. Pasar bebas adalah karakteristik utama dari sistem ekonomi Australia. Pertumbuhan ekonomi Australia fenomenal dan negara ini adalah satu diantara lima negara maju pertama di dunia. Empat komponen utama dari sistem ekonomi Australia adalah perdagangan, manufaktur, jasa dan keuangan. Pada awal abad ke-21 pemerintah Australia telah mengambil janji untuk lebih mereformasi ekonominya. Standar hidup dari Australia telah meningkat secara signifikan dalam lima belas tahun terakhir dan itu hanya di bawah Amerika Serikat sekarang. Sebagai sebuah negara maju yang makmur, Australia adalah ekonomi terbesar ke-13 di dunia. Australia berperingkat tinggi dalam banyak perbandingan kinerja antarbangsa seperti pembangunan, mutu kehidupan, perawatan kesehatan, harapan hidup, pendidikan umum, kebebasan ekonomi, dan perlindungan kebebasan sipil dan hak-hak politik.

Sistem Ekonomi Australia

Negara Australia

Australia yang juga disebut  Persemakmuran Australia berada di sebelah Selatan dari Indonesia, negara yang juga berbatasan langsung dengan Indonesia.  Australia memiliki luas 7.617.930 km persegi. Karena luasnya itu, Australia dikenal sebagai negara terluas keenam di dunia. Perkembangan penduduknya pun meningkat sejalan dengan perkembangan globalisasi dan arus imigrasi. Meski Australia termasuk dalam kategori negara gersang, namun ternyata  Australia mampu mendongkrak perekonomiannya. 

Perekonomian di Negara Australia

Australia adalah salah satu ekonomi terkuat di dunia, dengan pertumbuhan ekonomi selama hampir dua dasawarsa secara berturut-turut dan pengangguran turun hingga ke tingkat terendah dalam satu generasi. Sebagai buah dari reformasi struktural dan kebijakan selama hampir tiga dasawarsa, ekonomi kini menjadi luwes, berdayatahan dan makin terintegrasi dengan pasar global. Kekuatan ekonomi Australia terlihat jelas dalam beberapa tahun terakhir atas kemampuannya untuk bertahan dari sejumlah kejadian internal dan eksternal, termasuk kekeringan yang parah, pembangunan rumah yang meledak dan krisis keuangan dan ekonomi Asia.

Pada tahun 1980-an, Australia memiliki ekonomi campuran (mixed economy) yang sejahtera, dan bergaya-Barat, dengan PDB per kapita sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Britania Raya, Jerman dan Perancis. Salah satu prestasi yang paling signifikan adalah bahwa pada tahun 2000 pertumbuhan produktivitas tenaga kerja bahkan telah bergerak melewati Amerika Serikat. Australia menekankan reformasi sebagai salah satu faktor kunci di belakang kekuatan ekonomi. Pasar bebas adalah karakteristik utama dari sistem ekonomi Australia. Pertumbuhan ekonomi Australia fenomenal dan negara ini adalah antara lima negara maju pertama di dunia. Empat komponen utama dari sistem ekonomi Australia adalah perdagangan, manufaktur, jasa dan keuangan.  Industrialisasi, perusahaan swasta, produksi skala besar, teknologi tinggi dan sumber daya alam adalah sistem ekonomi Australia. Usaha kecil juga memainkan peran penting dalam perekonomian negara ini. Berbicara terkait ekonomi yang berkembang di negara ini tingkat pengangguran dari  11% pada tahun 1992 turun menjadi 5%. Pertumbuhan ekonomi Australia dimulai pada pertengahan abad ke-19 dengan industri wol dan demam emas. Demam emas juga bertanggung jawab untuk pertumbuhan populasi negara yang sangat dibutuhkan oleh Australia pada titik waktu. Pada awal abad ke-21 pemerintah Australia telah mengambil janji untuk lebih mereformasi ekonominya. Standar hidup dari Australia telah meningkat secara signifikan dalam lima belas tahun terakhir.

Bagian integral dari sistem ekonomi Australia adalah Australian Securities Exchange atau ASX. Nama Bursa Australia diubah menjadi Bursa Efek Australia hanya pada bulan Desember 2006.
Perpajakan di Australia dapat dibagi dalam dua bagian, perpajakan federal dan pajak negara. Yang paling penting dari semua pajak ialah pajak penghasilan dan pajak usaha. Terlepas dari kedua pajak ini ada pajak seperti Barang dan Jasa pajak, Jamsostek Levy, pajak Municipal, cukai dan pajak Capital Gain. Alasan utama di balik pertumbuhan fenomenal dari ekonomi Australia adalah pemerintah yang stabil, politik yang sehat dan sumber daya alam yang sangat besar. Industri berbasis pengetahuan telah berkembang sebagai faktor lain yang telah memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan yang luar biasa dari negara ini saat ini. Setidaknya dua puluh lima ribu perusahaan Komunikasi dan Informatika hadir di Australia saat ini. Perdagangan internasional baik ekspor dan impor telah memberikan kontribusi besar bagi perkembangan perekonomian.
 
Negara Australia juga tercatat menduduki peringkat kedua dalam hal Indeks Pembangunan Manusia PBB Tahun 2010 dan menduduki peringkat pertama dalam hal Indeks Kemakmuran yang diterbitkan oleh Legatum pada Tahun 2008. Sebagai salah satu negara maju di dunia, kegiatan ekonomi Australia mengandalkan berbagai bidang usaha, diantaranya adalah bidang pertanian, pertambangan, pariwisata, dan pendidikan.
 
Berikut adalah pembagian kegiatan ekonomi Australia yang mengandalkan 2 bidang secara umum, yaitu diantaranya adalah bidang industri dan pertanian. 

1. Pertambangan
Kegiatan ekonomi negara Australia yang meliputi bidang pertambangan mencakup diantaranya sebagai berikut ini:
  • Pertambangan Emas 
  • Pertambangan Bijih Besi
  • Pertambangan Batu Bara 
  • Pertambangan Gas Alam 

2. Pertanian dan Peternakan
Kegiatan ekonomi negara Australia yang meliputi bidang pertanian dan peternakan mencakup diantaranya sebagai berikut ini:
  • Pertanian Gandum 
  • Peternakan Sapi
  • Perternakan Domba
  • Perternakan Ayam
Pada bidang usaha pertanian, khususnya bidang peternakan negara Australia juga tercatat sebagai salah satu negara dengan produksi susu dan produksi woll terbesar di dunia.

loading...

Ikuti Update Kami